PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBISNIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA INSTAGRAM

Totok Susilo Pamuji Nugroho

Abstract


Media Sosial saat ini memang sangat marak sekali digunakan apalagi untuk perkembangan jaman saat ini. Media ini selain bisa digunakan untuk hal tersebut bisa juga digunakan sebagai media marketing yang sangat efektif, sehingga pembelajaran lebih lanjut mengenai hal ini sangat diperlukan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat agar mau berwirausaha, memberikan dasar keterampilan melalui media instagram agar bisa dilihat oleh masyarakat luas dan mampu mengusai dan mengembangkan usaha yang dijalaninya dengan baik.Disamping itu masyarakat dan mahasiswa supaya bisa memulai untuk menjalankan bisnis mereka. Hasil dari pengabdian masyarakat ini setelah adanya kegiatan tanya jawab antara lain : untuk masyarakat umum masih kurang percaya diri untuk memulai karena belum begitu mengenal aplikasi Instagram ini, sedangkan bagi mahasiswa sebenarnya mereka sudah cukup mengenal fitur ini akan tetapi masih bingung mau berjualan apa. Sehingga dengan adanya kegiatan ini diharapkan mereka bisa menerapkan apa yang didapatkan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Kata Kunci : Media Sosial, Instagram, Pengabdian Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Adanisa, C. dan A. Fatchiya (2017). Efektivitas Website Dan Instagram Sebagai Sarana Promosi Kawasan Wisata Berbasis Masyarakat. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, 1 (4) : 451-466

Ainurrohmah, F., & Handayani, R. (2020). The influence of motivation, learning discipline, teacher competence and parental support on academic achievement of students (study on gama english course sukoharjo). International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 4(4).

Alfinda. M.F dan M. Yahya (2017). Motivasi Mahasiswa Berbagung Dalam Media Sosial Instagram. Jurnal Imiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 2(3) : 23-31

Ayutiani, D.N dan B. P.S Putri, (2018). Penggunaan Akun Instagram Sebagai Media Informasi Wisata Kuliner. Jurnal Profesi Humas 3(1) : 39-59

Cahyono, E., & Abdullah, S. (2020, October). Exploring the Model of Abusive Supervision and Employee’s Turnover Intention: Is Neuroticism a Moderator?. In ICAME 2020: Proceedings of the 5th International Conference on Accounting, Management and Economics (p. 119).

Fauzia, A.Z., S. Maslihah dan H. Ihsan. Penggunaan Tipe Kepribadian Terhadap Self Disclosure Pada Dewasa Awal Pengguna Media Sosial Instagram Di Kota Bandung. Jurnal Psikologi Sains dan Profesi, 3 (3) : 151-160.

Indika, D.R dan C. Jovita (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(1) : 25-32

Nugroho, T. S. P., & Indahsari, N. D. (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TAX AVOIDANCE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2019-2021. Riset Manajemen dan Akuntansi, 14(1), 1-12.

Nurhidayat, E., & Marsudi, H. (2020). PENGARUH WORD OF MOUTH DAN BRAND LOYALTY TERHADAP PURCHASE INTENTION AIR MINERAL DALAM KEMASAN UTRA PADA PT GUWATIRTASEJAHTERA. MUARA: Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional, 3(1), 1-7.

Permatasari, N dan D. Trijayanto (2017). Motif Eksistensi Melalui Penggunaan Hastag (#OOTD) di Media Sosial Instagram. Jurnal PROMEDIA 3(2) :252-273

Sari, D.N dan A. Basit (2018). Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Edukasi Parenting.PERSEPSI : Communication Journal 3(1) : 23-36

Sari, D. W., & Kasidin, K. (2020). PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGAMBILAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH NASABAH DI PT. BANK TABUNGAN NEGARA KANTOR CABANG SOLO. Riset Manajemen dan Akuntansi, 11(1), 36-48.

Sriyanto, S., & Adelina, N. (2020). ORIENTASI PASAR DAN KINERJA PERUSAHAAN PADA MASA PANDEMI COVID-19: PERAN E-COMMERCE SEBAGAI MODERASI (Studi UMKM Di Kota Solo). Riset Manajemen dan Akuntansi, 11(2), 62-75.

Sutianingsih, S., Budiyanto, B., & Suwitho, S. (2023). Mediation Role of Job Satisfaction on the Influence of Non-Financial Compensation and Transactional Leadership on Employee Performance. The International Journal of Business & Management, 9(7), 79-84.

Supratman, L.P (2018). Penggunaan Media Sosial Oleh Digital Native. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15 (1): 47-60

Syahreza, M.F dan I.S. Tanjung (2018). Motif Dan Pola Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi UNIMED. Jurnal Interaksi 2(1) : 61-84

Untari, D dan D.F Fajariana (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur-Batik. Jurnal Sekretari dan Manajemen, 2(2): 271-278

Wijayanti, H. T., & Almaidah, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang D’fresco Donut Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Pemediasi. Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, 18(2), 225-238.




DOI: https://doi.org/10.36600/.v2i1.169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.