MANAJEMEN USAHA DAN PEMBUATAN KEMASAN SERTA LABELING HOME INDUSTRI SALE PISANG PADA USAHA KELOMPOK IBU RUMAH TANGGA DI DESA KEDUNGRINGIN KECAMATAN MUNCAR KABUPATEN BANYUWANGI

Dani Agung Wicaksono

Abstract


Abstract

 

Community service program activities are carried out in Kedungringin Village, Muncar District, Banyuwangi Regency, while the targets in this program are housewives who have home businesses in the form of processed banana sales. Traditional snacks do have a different taste when compared to foreign food. Even though foreign cuisine is very strong in Indonesia, traditional snacks have won a place in the hearts of Indonesian people. In this business analysis, we will discuss traditional cakes, namely banana sale. This program aims to provide an understanding of the importance of good business management and the manufacture of attractive packaging and labels, this aims to increase the selling value of banana sale products and is expected to increase sales volume

 

Keywords: Sale pisang, Housewife, Home business

 

Abstraksi

 

Kegiatan program pengabdian kepada masyarakat dilakukan di Desa Kedungringin Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi, adapun sasaran dalam program ini adalah para ibu-ibu rumah tangga yang mempunyai usaha rumahan berupa olahan sale pisang. Jajanan tradisional memang memiliki cita rasa yang berbeda jika dibandingkan dengan makanan luar negeri. Meskipun masakan luar negeri sangatlah kuat di Indonesia, namun jajanan tradisional telah mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia. Dalam analisa usaha ini akan membahas mengenai kue tradisional yaitu sale pisang Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman akan pentingnya manajemen usaha yang baik dan pembuatan kemasan serta label yang menarik, hal ini bertujuan untuk meningkatkan nilai jual dari produk sale pisang dan diharapkan mampu meningkatkan volume penjualan.

 

Kata Kunci : Sale pisang, Ibu rumah tangga, Bisnis rumahan


Full Text:

PDF

References


Agustina, W. 2009. Desain Kemasan dan Label Produk Makanan. Kumpulan Modul Pelatihan. UPT B2PTTG-LIPI Subang.

Albert, 2006. Mengenal Simbol pada Kemasan Plastik. http://ebook.pangan.com.

Almaidah, S. (2021). Penyuluhan Manajemen Usaha Kecil Pada Kelompok Masyarakat Desa Mlopoharjo Kecamatan Wuryantoro Kabupaten Wonogiri. Janaka: Jurnal Pengabdian Masyarakat Kewirausahaan Indonesia, 2(1), 1-9.

Anonymous. 2008. http://www.mesinpengemas.com/Mesin Pengemas Vakum Mesin Vacuum Sealer Mesin Kemasan Vakum.html.

Augustinah, Ferdianty, dkk. 2017. Manajemen Usaha dan Pembuatan Kemasan Serta Labeling Home Industri Kue Basah Pada Usaha Kelompok Dasawisma KRI Nanggala Medokan Semampir Surabaya. Unitomo Surabaya

Cenadi, Christine Suharto. 2000. Peranan Desain Kemasan dalam Dunia Pemasaran. Jurnal Nirmana Vol 2. No. 1, Januari 2000.

Mulyadi Nitisusastro. 2015. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Penerbit Alfabeta.

Nugroho, T. S. P. (2021). Peningkatan keterampilan berbisnis dengan menggunakan media instagram. Janaka: jurnal pengabdian masyarakat kewirausahaan indonesia, 2(1), 29-34.

Triyono, A. 2002. Modul Pengemasan Produk Makanan, Kumpulan Modul. Pelatihan UPT B2PTTG-LIPI Subang

Zimmerer, Scarborough. 2011. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil I Edisi 5, Penerbit Salemba Empat




DOI: https://doi.org/10.36600/janaka.v2i2.214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.