PENGENALAN TEKNIK ECOPRINT DALAM PEMBERIAN MOTIF PADA KAIN UNTUK KOMUNITAS CRAFTER DI SURAKARTA
Abstract
ABSTRACT
This ecoprint batik can be used as a lifestyle trend for environmentally friendly people because ecoprint batik uses leaves and flowers that come from nature and does not use chemicals at all. The ecoprint technique is a development of ecofashion, to produce fashion products that are environmentally friendly. The purpose of this community service activity is to introduce the ecoprint technique by utilizing natural plant materials as an alternative for providing motifs on fabrics with the target group of housewives. in Surakarta. The output target of this community service is to have basic knowledge about ecoprint, starting from understanding the characteristics of natural materials and the types of paper and fabric that can be applied to ecoprint, and being able to make the steamed ecoprint method. In the end, some fabrics don't seem to get the maximum results, caused by using the wrong leaves and it can also be caused by not rolling the cloth tightly and other things. The target group plans to apply the ecoprint technique to several types of fabrics, so that they have high selling power, which in turn can increase household income and ultimately improve their standard of living as housewives.
Keywords: Batik, Ecofashion, Ecoprint
ABSTRACT
Batik ecoprint ini dapat dijadikan tren gaya hidup masyarakat ramah lingkungan karena batik ecoprint menggunakan bahan dedaunan dan bunga yang berasal dari alam dan sama sekali tidak menggunakan bahan kimia. Teknik ecoprint yang merupakan perkembangan dari ecofashion, untuk menghasilkan produk fashion yang ramah lingkungan Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah mengenalkan teknik ecoprint dengan memanfaatkan bahan-bahan tumbuhan alam sebagai salah satu alternatif untuk memberikan motif pada kain dengan sasaran kelompok ibu-ibu rumah tangga crafter di Surakarta. Target luaran pengabdian kepada masyarakat ini adalah memiliki pengetahuan dasar mengenai ecoprint, mulai dari pemahaman tentang karakter bahan alam dan jenis kertas serta kain yang dapat diaplikasi ecoprint, serta dapat membuat ecoprint metode kukus. Pada hasil akhir, beberapa kain tampak tidak mendapatkan hasil maksimal, disebabkan karena penggunaan daun yang salah dan bisa juga disebabkan karena penggulungan kain tidak ketat dan hal-hal lian. Kelompok sasaran berencana akan mengaplikasikan teknik ecoprint pada beberapa jenis kain, sehingga berdaya jual tinggi, yang pada akhirnya dapat menambah income pemasukan rumah tangga dan pada akhirnya mampu meningkatkan taraf kehidupan mereka sebagai ibu rumah tangga.
Kata kunci : Batik, Ecofashion, Ecoprint
Full Text:
PDFReferences
Bismala, L. (2016). Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah. Jurnal Entrepreneur Dan Entrepreneurship, 5(1), 19–26.
Budiyono, B., & Sutianingsih, S. (2019). Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memoderasi Pengaruh Perceived Value Terhadap Loyalitas Pelanggan. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 5(4), 445–469. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2021.v5.i4.5104
Fauziah, U. U., Eldine, A., & Sume, S. A. (2019). Sales Promotion Dan Harga Terhadap Volume Penjualan. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), 145. https://doi.org/10.32832/manager.v2i1.1873
Hidayah, I., Ariefiantoro, T., Nugroho, D. W. P. S., & Suryawardana, E. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis Di Kaliwungu). Solusi, 19(1), 76–82. https://doi.org/10.26623/slsi.v19i1.3001
Hutabarat, E. (2017). Pengaruh Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Buku Gramedia Sun Plaza Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi, 3(2), 83–91.
Iswanti Nursyirwan, V., Sari Ardaninggar, S., Dwi Septiningrum, L., Rani Gustiasari, D., & Muhammad Hasan, J. (2020). Implementasi Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 03(02), 238–244.
Lupi, F. R., & Nurdin. (2016). Analisis strategi pemasaran dan penjualan. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, 2(1), 20–31.
Mariana, K. (2012). Peran Strategis Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam Pembangunan Nasional. Informatika, 3(I Jarnuari), 15.
Nasution, M. I., Prayogi, M. A., & Nasution, S. M. A. (2017). Analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan ( Analysis of the effect of marketing mix to sales volume). Jurnal Riset Sains Manajemen, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.5281/zenodo.1012560
Rajagukguk, P. (2017). Analisis Kebijakan Produk Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan. Konferensi Nasional Ilmu Sosial & Teknologi (KNiST), 1(1), 473–478. seminar.bsi.ac.id/knist/index.php/UnivBSI/article/view/182
Soehardi. (2021). Model Peningkatan Volume Penjualan Melalui Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Loyalitas Kopi Golda. JMSAB, 4(2), 353–360. https://doi.org/10.36407/jmsab.v4i2.341
Sulistiyo, H., & Putra, R. A. K. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Sektor Industri Pengolahan Kabupaten Bekasi. Eqien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7(2), 38–48. https://doi.org/10.34308/eqien.v7i2.145
Taroreh, G. A., Mananeke, L., & Roring, F. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Mobil Mitsubishi Xpander Pada Pt. Bosowa Berlianmotor Kairagi Marketing Strategy Analysis in Increasing the Sales Volume of Mitsubishi Xpander Cars At Pt. Bosowa Berlian Motor Kairagi. Analisis Strategi…… 3683 Jurnal EMBA, 6(4), 3683–3692.
DOI: https://doi.org/10.36600/janaka.v3i2.299
Refbacks
- There are currently no refbacks.