PENERAPAN IPTEK DAN PENINGKATAN KUALITAS PRODUK UMKM ANEKA KERUPUK DAN KERIPIK DI DESA MANGUNHARJO KECAMATAN TEMBALANG, KOTA SEMARANG
Abstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk menghasilkan produk yang lebih bervariasi, berinovasi, berkualitas dan bernilai jual tinggi bagi pelaku UMKM Aneka Kerupuk dan Keripik di Desa Mangunharjo, Kecamatan Tembalang Kota Semarang dengan menggunakan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengembangan usaha UMKM. Pelatihan yang dilakukan oleh Tim Pengabdian yaitu; cara mengolah produk dengan menggunakan teknologi tepat guna, membuat aneka kerupuk dan keripik dengan berbagai macam variasi rasa, melakukan grading, pemberian merk, serta pengemasan yang tepat dan representatif, agar produk lebih tahan lama dan diminati oleh masyarakat. Peralatan yang digunakan untuk mengolah kerupuk dan keripik, telah disiapkan oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat. UMKM Aneka Kerupuk dan Keripik di Desa Mangunharjo juga diberi pelatihan manajemen dalam membantu mencarikan solusi dari permasalahan yang mereka hadapi. Problematika permasalahan UMKM mitra selanjutnya dirujuk menjadi beberapa program solusi untuk menyelesaikan permasalahan bidang perbaikan proses produksi dan pemasaran. Metode yang diterapkan adalah Pelatihan dan pedampingan. Luaran yang dihasilkan adalah munculnya usaha ”Aneka Kerupuk dan Keripik Khas Desa Mangunharjo”. Nilai dukungan dari nilai tambah produksi pengolahan Kerupuk dan Keripik khas Desa Mangunharjo yang berkualitas dan khas berpotensi menjadi oleh-oleh khas dari Desa Mangunharjo, Semarang.
Kata Kunci: Penerapan Teknologi Tepat Guna, Kualitas Produk, Pemasaran
Full Text:
PDFReferences
Basu Swastha DH., dan Irawan (2008)”Manejemen Pemasaran Modern “, Edisi Kedua, Liberty Offset, Yogyakarta.
Buchari Alma (2007), “ Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa”, Edisi Keempat, CV. Alfabeta, Bandung
------------, Alma (2005), ” Kewirausahaan ”, Edisi Kesembilan, Alfabeta Bandung
Nasir, Mohamad dan Agus Handoko (2007), “ Pengaruh orientasi wirausaha terhadap kinerja perusahaan kecil dengan lingkungan strategi sebagai variable moderat (studi kasus pada industry aneka di Kota Semarang) ,Jurnal Bisnis Strategi, Vol.12, No. VIII, pg, 89-100
Thomas W, Norman M (2009), “Kewirausahaan Dan Manajemen Usaha Kecil,” Salemba Empat 2009
Lestari, D. E. (2018). Kelompok Usaha Kerupuk Beras di Desa Jombang Kecamatan Jombang Kabupaten Jember. Empowerment Society, 1(02), 54-63.
Nur Afifah, D., & Anjani, G. (2008). Sistem produksi dan pengawasan mutu kerupuk udang berkualitas ekspor. Seminar Nasional PATPI 2008.
Jauhari, J. (2010). Upaya pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) dengan memanfaatkan e-commerce. JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), 2(1).
Lestari, R., & Rahayuningsih, T. (2019). Program Kemitraan Masyarakat Usaha Keripik Pisang Mengandung Antioksidan di Kecamatan Bukit Raya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 2(2), 69-75.
Susanti, E., Firdalius, F., & Rahayu, P. E. (2020). Peran Digital Komunikasi Terhadap Perempuan Berwirausaha (UMKM) di Kota Padang. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN), 3(2),148-155
DOI: https://doi.org/10.36600/janaka.v4i1.317
Refbacks
- There are currently no refbacks.