ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU ADIDAS IMITASI DI WILAYAH JATIYOSO

Ely Suwarti, Betty Eliya Rokhmah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian sepatu Adidas imitasi di wilayah Jatiyoso. Faktor-faktor yang diteliti adalah harga, citra merek, gaya hidup dan pengetahuan produk sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat.Populasi dalam penelitian ini adalah orang-orang yang menggunakan atau membeli sepatu Adidas imitasi di wilayah Jatiyoso. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert skor 1 sampai 5. Data diolah dengan program SPSS 19. Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen yang meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan analisis data dilakukan dengan uji analisis regresi linier berganda, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F) dan uji koefisien determinasi untuk mengetahui pengaruh variabel harga, citra merek, gaya hidup dan pengetahuan produk terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa harga, citra merek dan gaya hidup berpengaruh secara signifikan tehadap keputusan pembelian sedangkan pengetahuan produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepatu Adidas imitasi di wiayah Jatiyoso.

Kata Kunci : Harga, Citra Merek, Gaya Hidup, Pengetahuan Produk, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Asnawi, Anita dan Fedianty Augustinah. 2015. Pengaruh Faktor Sosial dan Personal Terhadap sikap Konsumen dan Minat Beli Barang Fashion Palsu. Jurnal Ilmu Administrasi. Vol 12(2).

Bian, Xuemei dan Luiz Moutinho. 2011. The Role Of Brand Image, ProductInvolvement, and Knowledge In Explaining Consumer Purchase Behaviour of Counterfeits: Direct and Indirect Effect. European Journal of Marketing. Vol 45 Issue: 1/2 : 191-216.

Budiarto, Teguh dan Fandy Tjiptono. 2007. Pemasaran Internasional. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta.

Dewanthi, Desyra Sukma. 2008. Faktor Sosial Dan Personal Yang Mempengaruhi Konsumen Membeli Barang Fashion Tiruan (Counterfeited Fashion Goods). Journal of Business Strategy and Execution. Vol 8(1) : 25-43.

Devi K Anastasia et al. 2015. Pengaruh Citra Merek, Harga dan Keputusan pembelian Produk Imitasi ( Studi Kasus Pembelian Tas Imitasi Louis Vuitton pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro) . Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Vol 4(1) : 85-94.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1, edisi 13. Jakarta : Erlangga.

Lin, Nan Hong dan Bih Shya Lin. 2007. The Effect of Brand Image and Product Knowledge on Purchase Intention Moderated by Price Discount. Journal of International Management Studies.

Mendrofa, Yoseph Baniader. 2012.Effect Of Product Knowledge and Brand Image To Purchase Intention With Hp Laptop Brand Price Discounts As Variables Moderated In Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen.

Peter, J Paul dan Jerry C Olson. 2000. Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. Edisi 4. Jakarta : Erlangga.

Phau et al. 2009. Targeting Buyers of Counterfeits of Luxury Brands : A Study on Attitudes of Singaporean Consumers. Journal of Targeting, Measurement and Analysis for Marketing. Vol 17(1) : 3-15.

Radiosunu. 2001. Manajemen Pemasaran : Suatu Pendekatan Analisis. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta.

Simamora, Bilson. 2004. Riset Pemasaran. Jakarta : Gramedia Utama.

Stanton, William J. 2000. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Umar, Husein. 2009. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Wijaya, Resti A et al. 2015. Gaya Hidup Brand Minded dan Intensi Membeli Produk Fashion Tiruan Bermerk Eksklusif pada Remaja Putri. Jurnal Psikologi Indonesia. Vol 4(2) : 111 – 126.

http://www.topbrand-index.comdiakses pada 8 April 2018

http://kemenperin.go.id diakses pada 22 April 2018




DOI: https://doi.org/10.36600/rma.v9i1.60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.