TINJAUAN KUALITAS PELAYANAN DI TJOKRO RESTO PADA GRAND TJOKRO HOTEL YOGYAKARTA

Arnes Anandita, Sartika Rintan Marlinda

Abstract


Tinjauan Kualitas Pelayanan Di Tjokro Resto Pada Grand Tjokro Hotel Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sequence of service (tata urutan pelayanan), product knowledge yang dimiliki waiter/waitress dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang baik dan untuk mengetahui pemahaman waiter/waitress tentang kualitas pelayanan yang ada di Tjokro Resto pada Grand Tjokro Hotel Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang peneliti lakukan makan peneliti dapat menarik kesimpulan Pemahaman tentang sequence of service (tata cara pelayanan) antara teori dan wawancara itu sama, data yang diperoleh peneliti valid karena tidak ada yang membedakan antara tata cara pelayanan secara teori dengan tata cara yang ada di Tjokro Resto Grand Tjokro Hotel Yogyakarta. Product knowledge antara teori dan hasil wawancara yang diperoleh peneliti hampir sama pengertiannya tetapi berbeda didalam pengerjaan/terjun langsung di lapangan. Waiter/waitress yang ada di Tjokro Resto memiliki pemahaman dalam meningkatkan kualitas pelayanan yaitu dengan memberikan pelayanan yang memuaskan kepada tamu, membuat tamu merasa aman dan nyaman saat berada di Tjokro Resto.
Kata Kunci : kualitas pelayanan, sequence of service, product knowledge, waitress.

Full Text:

PDF

References


Ashton. 2000. Pengetahuan Praktis Istilah Food And Beverage Internasional. Jakarta: Gramedia.

Garvin dan Davis. 1994. Total Quality Management. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hartanto, Budi. 2015. Buku Table Manner Tjokro Resto.Yogyakarta.

Hayes dan Nenemiere.2006. Hotel Operation Management.Pearson.

Karyono.1997. Pemasaran dan Hotel. Bandung: Angkasa.

Maman, Abdurrahman dan Sambas Ali Muhidin. 2011. Panduan PraktisMemahami Penelitian (Bidang Sosial-Adminitrasi-Pendidikan). Bandung: Cv. Pustaka Setia.

Marsum. 1993. Restoran dan Segala Permasalahannya. Yogyakarta: Andi.

______. 2000.Restoran dan Permasalahannya. Yogyakarta: Andi.

Powers. 2003. Introduction to Management in the Hospitality Industry. New York: John Wiley.

Rumekso.2001. Housekeeping Hotel.Yogyakarta: Andi.

Sabar. 2007. Pengantar Metedologi Penelitian. FKIP: Universitas Muria Kudus.

Siregar. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Soekresno.2000. Manajemen Food & Beverage Service Hotel.Jakarta: Gramedia.

Sugiarto, Endar. 1996. Pengantar Akomodasi dan Restoran. Jakarta: Gramedia.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta

¬¬¬¬¬¬____________. 1998. Pengantar Akomodasi dan Restoran. Jakarta: Gramedia.

____________. 2000. Publisher.Jakarta: Gramedia.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. 2011. Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: AFABETA CV.




DOI: https://doi.org/10.36600/rma.v9i1.61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.