PEMANFAATAN SOCIAL MEDIA SEBAGAI PEMASARAN BISNIS DI ERA SOCIETY 5.0

Agus Supriyanto, Venia Rosmalia, Alef Sa’di Aman, Af’idatun Nisa’, Ulia Ayuning Tias

Abstract


Abstract

The purpose of implementing the community service program is to provide training to service partners, namely the producer of Cap Manggis Syrup Al Qudsy Ngembal Rejo, Bae District, Kudus Regency regarding the use of information technology by utilizing social media to market products in Era Society 5.0. The community service program is carried out by means of collaboration between lecturers and students for SMEs with Cap Manggis Al Qudsy Syrup. The results of the activities carried out on the MSME Cap Manggis Al Qudsy Syrup, by utilizing the digitization of MSMEs because this can be a means of business. This service activity also tries to find solutions to problems faced by partners in changing business conditions. By utilizing digitalization, businesses have received good responses, both from the community and MSMEs. The hope is that it can help market merchandise through social media which consists of several applications such as WA, Facebook, Instagram, helping MSMEs because the marketing is wider so that many people know about products from MSMEs.

 

Keywords: MSME training, Business digitization, Social media, Era society 5.0.

 

Abstraksi

Tujuan pelaksanaan program pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan adalah untuk memberikan pelatihan kepada mitra pengabdian yaitu produsen Sirup Cap Manggis Al Qudsy Ngembal Rejo, Kecamatan Bae,  Kabupaten Kudus terkait penggunaan teknologi informasi dengan cara memanfaatkan sosial media untuk memasarkan produk di Era Society 5.0. Program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dengan cara kolaborasi antara dosen dan mahasiswa kepada pelaku UMKM Sirup Cap Manggis Al Qudsy. Hasil kegiatan yang dilakukan pada UMKM Sirup Cap Manggis Al Qudsy, dengan cara memanfaatkan digitalisasi UMKM karena ini bisa sebagai sarana bisnis. Kegiatan pengabdian ini juga mencoba mencarikan solusi atas permasalahan yang dihadapi mitra pada kondisi bisnis yang berubah. Dengan memanfaatkan digitalisasi bisnis mendapat respon baik, baik dari masyarakat maupun pihak UMKM. Harapannya adalah bisa membantu memasarkan barang dagangan lewat sosial media yang terdiri beberapa Aplikasi seperti WA, Facebook, Instagram, membantu pihak UMKM karena pemasarannya lebih luas sehingga masyarakat banyak yang tau tentang produk dari UMKM.

 

Kata Kunci: Pelatihan UMKM, Digitalisasi bisnis, Social media, Era society 5.0.


Full Text:

PDF

References


Dewi, N. P., Supriyanto, A., Output, P. B., & Bisnis, K. (2017). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP KINERJA BISNIS MELALUI PEMASARAN BERBASIS OUTPUT DAN BIAYA AGUS SUPRIYANTO STIE Atma Bhakti Surakarta. 8(November).

Nugroho, T. S. P. (2021). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBISNIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA INSTAGRAM. JANAKA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT KEWIRAUSAHAAN INDONESIA, 2(1), 29-34.

Priyono, A., & Moin, A. (2020). Identifying Digital Transformation Paths in the Business Model of SMEs during the COVID-19 Pandemic.

Razumovskaia, E., Yuzvovich, L., Kniazeva, E., Klimenko, M., & Shelyakin, V. (2020). The E ff ectiveness of Russian Government Policy to Support SMEs in the COVID-19 Pandemic.

Shahzad, K., Ali, T., Kohtamäki, M., & Takala, J. (2020). Enabling roles of relationship governance mechanisms in the choice of inter-firm conflict resolution strategies. Journal of Business and Industrial Marketing, 35(6), 957–969. https://doi.org/10.1108/JBIM-06-2019-0309

Shiroishi, Y., Uchiyama, K., & Suzuki, N. (2018). Society 5.0: For Human Security and Well-Being. Computer, 51, 91–95. https://doi.org/10.1109/MC.2018.3011041

Supriyanto, A. (2016). DAMPAK MEDIA SOSIAL PADA PERKEMBANGAN UMKM. Jurnal Riset Manajemen & Akuntansi, 7(November 2016), 100–109.

Supriyanto, A., Aliya, H., & Nurul, A. (2020). Digitalisasi dan implementasi 5s (. 1(1).

Supriyanto, A., & Hana, K. F. (2020). Strategi Pengembangan Desa Digital untuk Meningkatkan Produktivitas UMKM. 8(2), 199–216.

Sriyanto, S., Harimurti, F., Kasidin, K., & Sutianingsih, S. (2020). Penyuluhan pengembangan strategi pemasaran produk makanan ringan di desa ngijo kecamatan tasikmadu kabupaten karanganyar. Jurnal pengabdian masyarakat kewirausahaan indonesia (janaka), 6(1).




DOI: https://doi.org/10.36600/janaka.v2i2.215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.